14 Destinasi Wisata Alam di Jambi, Berupa Danau-danau dan Air Terjun dengan Keinndahan yang Memukau

Fajarpos.com
Fajarpos.com

Jambi, Wisata – Berikut daftar wisata alam di Jambi dengan keinndahan alamnya yang memukau

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh dinobatkan sebagai danau vulkanik tertinggi se-Asia Tenggara, bersantai di danau ini tentunya menjauhkanmu dari bisingnya keramaian.

Jika berkunjung dan ingin menghabiskan waktu lebih lama menikmati indahnya alam di sekitar danau, pengunjung dapat berkemah dengan membawa peralatanmu sendiri.

Lokasi: Taman Nasional Kerinci Seblat, di Desa Peompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Danau Kaco

Danau Kaco adalah salah satu destinasi wiata alam jambi yang memiliki air sebening kaca dan tanaman hijau di sekelilingnya, Danau Kaco menawarkan atmosfer yang menenangkan.

Perjalanan menuju danau ini memang cukup menantang, tetapi Lelah dari perjalanan akan terbayarkan dengan perasaan rileks ketika mencapai danau dengan alamnya yang memukau.

Lokasi: Dusun Baru Lempur, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Telaga Biru

Dari namanya sudah tau bahwa pemandangan yang akan disuguhkan oleh tempat wisata alam Jambi satu ini yaitu danau dengan airnya yang jernih kebiruan.

Pemandangannya yang sangat  indah dan menenangkan ini cocok menjadi daftar objek wisata jika lagi berada di Jambi.

Lokasi: Desa Tanjung Alam, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi.

Danau Biru Muara Tembesi

Danau Biru Muara Tembesi adalah tempat wisata alam dengan danaunya yang cantik. Danau ini terbentuk akibat aktivitas penggalian tanah untuk produksi batu bata.

Tidak seperti kebanyakan danau, Danau Biru Muara Tembesi ini terkenal memiliki warna air biru kehijauan yang sangat indah.

Lokasi: Desa Kebun Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Danau Belibis

Danau selanjutnya yang dapat dijadikan untuk berlibur di Jambi adalah Danau Belibis yang populer dengan nama dari tempat ini.

Bukan danaunya berbentuk dari Burung Belibis, ciri khas tersendi danau ini adalah dari sekitar danaunya yang dihuni oleh banyak Burung Belibis. Danau yang termasuk bagian kawasan Kerinci ini mampu menyihir pandangan para pengunjung dengan berjuta pesonanya.

Lokasi: Desa Giri Mulyo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Danau Lingkat

Wilayah Kerinci adalah kawasan gunung berapi aktif, disini terkenal banyak Danau yang dapat dijadikan tempat wisata.

Termasuk salah satunya Danau Lingkat. Pemandangan tempat wisata Danau Lingkat ini sama indahnya seperti danau di kawasan kerinci lainya.

Lokasi: Desa Lempur Hilir, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Danau Kumbang

Danau Kumbang terletak di Gunung Masurai yang dapat dijadikan tempat mampir bagi para pendaki. Danau ini memiliki keindah di wilayah gunungnya yang masih sangat asri.

Lokasi: Gunung Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi

Air Terjun Sigerincing

Jika ingin berwisata dengan nuansa alami dan gemuruh air terjun yang menenangkan, Air Terjun Sigerincing jawabannya.

Objek wisata satu ini terkenal dengan pemeandangan alam yang memberikan suasana air terjun alami. Ketiaka berkunjung ke wista ini pengunjung bisa berenang atau sekedar bermain air dengan teman-teman atau keluargamu di tempat wisata ini.

Lokasi: Desa Tuo, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi

Air Terjun Arai Indah

Tempat wisata air terjun selanjutnya terkenal dengan keaslian pemandangannya sebagai salah satu wisata alam Jam.

Disini para pengunjung dapat berlibur di musim hujan karena debit airnya akan lebih banyak dari biasanya. Namun usahakan untuk datang Ketika cuaca lagi cerah agar pemandangan sekitar air terjun dengan lebih jelas.

Lokasi: Desa Mukai Pintu, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi

Air Terjun Sungai Medang

Air Terjun Sungai Medang adalah Salah satu daftar tempat wisata alam terkenal untuk liburan di Jambi. Air terjun di sungai ini memiliki gemuruh air yang memberikan suasana relaksasi saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Lokasi: Desa Sungai Medang, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Jambi

Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh, diberi nama demikian karena terdapat sebuah mitos yanga katanya, jika orang mandi di air terjun ini akan mendapatkan jodoh lebih cepat.

Tanpa mitos yang beredar tersebut di air terjun tetap memiliki daya Tarik akan keindahan airterjun yang berpadu dengan indahnya pemanndangan alam disekitarnya.

Lokasi: Desa Biuku Tanjung, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Jambi

Taman Telun Berasap

Taman Telun Berasap berada di wilayah Taman Nasional Kerinci. Yang artinya, Taman ini berada di sekitaran Gunung Kerinci.

Objek wisata favorit ini amat populer dengan air terjunnya yang memiliki ketinggian mencapai 50 meter. Dengan ketinggian tersebut membuat percikan air yang jatuh ke permukaan air terjadi asap disekitaran di bagian bawah air terjun.

Lokasi: Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi

Air Terjun Talang Jaya

Objek wisata alam jambi yang selanjutnya dikenal dengan air terjun tujuh tingkat. Penamaan Air Terjun Talang Jaya diambil dari tujuh kontur ketinggian air terjun yang menghasilkan gerakan aliran air yang sangat indah.

Lokasi: Desa Telentam, Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Jambi

GeoPark Merangin

GeoPark Merangin adalah adalah destinasi wisata alam yang pastinya membuat para pengunjung terpesona dengan pemandangannya. Lokasinya berada di kawasan pegunungan, Desa Air Batu, Jambi. 

Selain selain keindahan alam yang menyejukkan mata, tempat wisata ini juga kerap dijadikan area arung jeram dan olahraga ekstrim. Di sini, pengunjung juga dapat melihat berbagai fosil binatang dan tumbuhan yang telah hidup selama 350 juta tahun. 

Fasilitas dan akomodasi yang disediakan juga bisa dikatakan cukup lengkap baik kebutuhan transportasi maupun penginapan bagi para wisatwan. 

Lokasi: Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi.

Exit mobile version